Cara Menambah Alamat di Google Maps

Cara Menambah Alamat di Google Maps

Google Maps merupakan salah aplikasi yang sering dipakai orang banyak orang untuk mencari lokasi atau tempat yang sedang dituju, di dalam Google Maps kamu bisa menemukan banyak alamat dan panduan rute bagaimana cara mencapai lokasi tujuan. Kamu juga bisa menambahkan alamat yang belum tercantum di apliaksi Google Maps dengan menyimak artikel cara menambah alamat di Google Maps berikut ini.

Jika kamu ingin menambahkan alamat baru di Google Maps kamu bisa melakukannya dengan mudah, menambahkan alamat atau lokasi bisa kamu tambahkan melalui aplikasi Google Maps yang ada di handphone kamu baik handphone Android maupun handphone iPhone. Selain menggunakan aplikasi kamu juga bisa menambahkan lokasi melalui website dari Google Maps.

Cara menambahkan alamat atau lokasi juga cukup mudah kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah supaya alamat yang kamu inginkan bisa ditambahkan ke apliaksi Google Maps. Dengan menambahkan lokasi  kamu bisa membagikan lokasi tersebut kepada orang yang kamu inginkan dengan mudah. Manfaat lainnya adalah jika ada orang yang mencari lokasi yang sama dengan lokasi yang kamu tambahkan maka orang tersebut dapat menuju alamat yang dituju dengan mudah karena alamat yang kamu tambahkan secara otomatis akan muncul di Google Maps dan dapat diakses oleh pengguna Google Maps lainnya.

Selain itu apabila kamu sering menggunakan transportasi online, dengan alamat yang sama tentunya dengan membuat alamat atau lokasi di Google Maos akan membuat lokasi penjemputan kamu mudah ditemukan sehingga lebih efisien waktu dan kamu tidak perlu mengunggu lama.

Apa Itu Google Maps ?

Sebelum kita membahas mengenai cara menambah alamat di Google Maps, kamu perlu mengetahui pengertian dari Google Maps terlebih dahulu. Pengertian dari Google Maps adalah apliaksi yang memberikan layanan pemetaan web dan dikembangkan secara langsung oleh Google. Kamu bisa melihat peta jalan, kondisi lalu lintas, perencanaan rute dan kamu juga bisa melihat panorama 360 derajat dengan menggunakan apliaksi Google Maps ini.

Related  Cara Menambahkan Tempat di Google Maps

Aplikasi Google Maps merupakan aplikasi bawaan untuk setiap handphone Android cara mengunakan Google Maps juga cukup mudah, sebelumnya kamu perlu untuk masuk menggunakan akun Google terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan aplikasi ini.

Google Maps juga memiliki banyak fitur menarik yang bisa kamu temui, selain bisa untuk mencari lokasi kamu juga bisa menambahkan lokasi yang kamu inginkan seperti menambahkan lokasi bisnis supaya bisa memudahkan calon konsumen saat akan datang ke lokasi bisnis yang kamu miliki.

Fitur-fitur Google Maps

Jika kamu sudah mengetahui pengertian dari Google Maps kamu juga perlu tahu fitur-fitur yang terdapat di dalam Google Maps supaya kamu bisa menggunakan Google Maps di handphone kamu dengan lebih optimal lagi. Berikut ini fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi Google Maps :

1. Mencari Lokasi Dengan Memasukan Keyword

Fitur pertama yang bisa kamu temui di Google Maps adalah fitur pencarian, jika kamu ingin menemukan suatu lokasi kamu hanya perlu mengetik lokasi yang ingin kamu cari di kolom pencarian maka Google Maps akan menampilkan data dari lokasi yang kamu cari, kamu tinggal menekan lokasi yang kamu inginkan maka Google akan menampilkan peta dan rute untuk menuju lokasi tersebut.

2. Melacak Riwayat Perjalanan

Fitur kedua adalah kamu bisa melacak semua riwayat lokasi perjalanan kamu. Kamu juga bisa mengatur agar Google Maps untuk mengentikan fitur melacak lokasi yang kamu kunjungi, dan kamu juga bisa menghapus riwayat perjalanan.

3. Membagikan Lokasi

Selanjutnya Google Maps juga memiliki fitur membagika  lokasi atau sharing location, caranya kamu bisa menekan ikon garis tiga dan bagikan lokasi kamu kepada teman kamu atau kontak kamu yang lain.

Related  Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps

4. Maps Offline

Selain menggunakan Google Maps secara online kamu juga bisa mengunakan Google Maps secara offline dengan cara mengunduh offline maps dari handphone kamu.

5. Menyimpan Lokasi Parkir

Berikutnya jika kamu sedang menjungi mall dan biasanya sering lupa dimana kamu parkir kendaraan maka kamu bisa menggunakan fitur ini. Caranya adalah dengan menekan titik biru untuk merepresentasikan lokasi pengguna lalu pilih opsi untuk mengingat lokasi parkir.

Cara Menambah Alamat di Google Maps

Cara Menambah Alamat di Google Maps
Cara Menambah Alamat di Google Maps

Dengan menggunakan Google Maps kamu bisa menambahkan lokasi atau menambahkan alamat yang sebelumnya belum ada di Google Maps. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi Google Maps versi handphone maupun versi deskop. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menambahkan alamat di Google Maps :

1. Cara Menambah Alamat di Google Maps Menggunakan Handphone

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat alamat baru di Google Maps jika kamu menggunakan handphone Android maupun iOS. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukannya :

  • Pertama buka aplikasi Google Maps yang ada di handphone Android atau iOS yang kamu gunakan (ikon lokasi).
  • Setelah itu jika kamu belum log in kamu bisa melakukan log in terlebih dahulu.
  • Berikutnya tekan menu Kontribusi dengan ikon (+).
  • Jika sudah kamu bisa memilih opsi Tambahkan Tempat.
  • Lalu pada kolom Nama Tempat, kamu bisa ketik nama tempat yang ingin kamu tambahkan.
  • Setelah itu tekan Kategori, disitu akan ditampilkan beberapa kategori seperti Makanan & Minuman, Belanja, Layanan, dan masih banyak lagi kategori. Pilih kategori yang sesuai dengan lokasi yang kamu tambahkan.
  • Kemudian pada kolom Alamat, ketikan alamat lengkap lokasi yang kamu tambahkan seperti nama kota, procinsi, kode pos dan lain-lain. Semakin lengkap informasi yang kamu sertakan maka semakin cepat juga Google akan memverifikasi alamat yang ingin kamu tambahkan.
  • Lalu masukan juga informasi tambahan seperti Jam Buka, informasi Kontak, Situs Website, dan tentunya Foto.
  • Apabila sudah lengkap semua dan kamu sudah yakin tekan Kirim.
  • Maka Google akan melakukan verifikasi alamat yang kamu tambahkan, kamu akan menerima email terkait permohonan penambahan tempat terkait penerimaan atau penolakan dalam waktu dua minggu.
  • Selesai.
Related  Cara Membuat Alamat di Google Maps dengan Benar

2. Cara Menambah Alamat di Google Maps Melalui Situs Web di Deskop

Cara yang kedua adalah dengan menambahkan alamat baru di melalui situs website Google Maps di Deskop. Dengan cara berikut ini kamu tidak perlu menggunakan aplikasi Google Maps, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama buka browser pada laptop/PC kamu dan kunjungi situs web https://www.google.com/maps.
  • Jika sudah kamu bisa log in menggunakan akun Google milikmu terlebih dahulu apabila kamu belum masuk ke akun Google.
  • Setelah itu tekan tombol garis tiga yang berada pada pojok kiri atas tampilan Google Maps.
  • Lalu kamu bisa tekan opsi Add a Missing Place.
  • Selanjutnya pada kolom Nama Tempat, kamu bisa ketik nama tempat yang ingin kamu tambahkan.
  • Setelah itu tekan Kategori, disitu akan ditampilkan beberapa kategori seperti Makanan & Minuman, Belanja, Layanan, dan masih banyak lagi kategori. Pilih kategori yang sesuai dengan lokasi yang kamu tambahkan.
  • Kemudian pada kolom Alamat, ketikan alamat lengkap lokasi yang kamu tambahkan seperti nama kota, procinsi, kode pos dan lain-lain. Semakin lengkap informasi yang kamu sertakan maka semakin cepat juga Google akan memverifikasi alamat yang ingin kamu tambahkan.
  • Lalu masukan juga informasi tambahan seperti Jam Buka, informasi Kontak, Situs Website, dan tentunya Foto.
  • Jika sudah lengkap semua dan kamu sudah yakin tekan Kirim.
  • Selesai.

Itulah dua cara menambah alamat di Google Maps yang bisa kamu coba, kamu bisa menambahkan alamat yang kamu inginkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top