Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Ini Dia Cara Jitu Mempertahankan Pelanggan Yang Wajib Kamu Ketahui !

Sobat zeropromoi - Di jaman sekarang persaingan bisnis makin ketat, banyak pebisnis baru yang memulai bisnis dan mereka bisa saja dengan mudah mendapatkan atau bahkan mengambil pelanggan mu. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi dalam dunia bisnis. Maka dari itu para pebisnis tidak hanya dituntun memiliki kemampuan dalam memasarkan produk atau menggaet konsumen dan pelanggan, tapi juga harus mampu mempertahankan pelanggan. Seperti kata pepatah 'mempertahankan lebih susah daripada mengejar', dalam dunia bisnis setiap pebisnis bisa saja mendapatkan pelanggan dengan mudah, namun tidak semua pebisnis juga mampu untuk mempertahankan pelanggan mereka.

Ini Dia Cara Jitu Mempertahankan Pelanggan Yang Wajib Kamu Ketahui !

Terlebih lagi pelanggan itu merupakan orang yang sudah seringkali menggunakan produk mu dan berurusan dengan bisnis mu. Maka mereka tahu betul bagaimana kualitas produk mu, pelayanan mu dan lainnya. Jadi kebayang kan kalau kamu kehilangan pelanggan dan mereka membandingkan perusahaan mu dengan kompetitor ? Bisa-bisa ini menjadi salah satu strategi kompetitor untuk mengalahkanmu.
 
Oleh karena itu sangat penting bagi pebisnis untuk mengetahui cara dan trik agar pelanggan tetap setia dan tidak berpaling. untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya hal ini, kali ini Zeropromosi juga akan memberikan sedikit rangkuman bagaimana cara yang tepat untuk mempertahankan pelanggan dan membuat loyalitas mereka semakin meningkat. Berikut cara mempertahankan pelanggan yang bisa kamu coba !

Pastikan Kualitas Produk Dan Layanan Mu Lebih Unggul

Pastikan Kualitas Produk Dan Layanan Mu Lebih Unggul merupakan salah satu cara jitu mempertahankan pelanggan

Sebelum memulai langkah yang lain, langkah pertama yang harus kamu lakukan agar pelanggan mu tidak berpaling ke kompetitor lain adalah coba perhatikan kembali apakah produk dan layanan mu sudah memiliki kualitas yang bagus sehingga mampu bersaing dengan kompetitor?  Jika produk dan layananmu belum sebagus kompetitor, maka kemungkinan besar pelanggan mu bisa saja beralih. Maka dari itu coba tingkatkan lagi kualitas produk mu sehingga lebih unggul dari competitor. Jika produkmu lebih unggul sudah tentu pelanggan mu akan tetap stay dengan mu bahkan bisa saja mereka mengajak orang lain juga. Tapi ingat ya sobat, kualitas produk itu nomor satu dan seimbangkan dengan pelayanan yang baik. Jika produkmu bagus tapi pelayanan nya buruk, bisa saja pelangganmu jadi kurang puas dan merasa kesal. Begitu juga sebaliknya, jika pelayanan yang kamu berikan sudah sangat optimal namun kualitas produk mu dibawah rata-rata, maka pelanggan juga jadi kurang tertarik. Tetap seimbangkan kualitas kedua aspek ini ya.

Bangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Bangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan merupakan salah satu cara jitu mempertahankan pelanggan

Banyak dari pebisnis yang hanya mengganggap hubungan dengan pelanggan hanya hubungan bisnis jual beli semata. Padahal nyatanya agar mereka semakin loyalitas dan tidak berpaling dari perusahaan sangat diperlukan hubungan yang baik dan bukan sekedar hubungan penjual dan pembeli saja. Kamu perlu untuk membangun hubungan personal dengan pelanggan secara khusus agar mereka juga jadi lebih terbuka dan kamu bisa menanyakan beberapa informasi seperti apa sih yang sebenernya mereka inginkan, produk apasih yang sedang menjadi trend dan dibutuhkan pelanggan dan banyak lagi. Kamu harus mampu membangun hubungan yang lebih hangat dan dekat agar kamu bisa tau banyak hal tentang pelanggan. Saat kamu memiliki hubungan baik dengan pelanggan, sudah tentu mereka akan jauh lebih percaya dengan perusahaan, dan mereka juga akan merasa puas dan loyalitas akan semakin meningkat.

Tawarkan Program Loyalty

Tawarkan Program Loyalty merupakan salah satu cara jitu mempertahankan pelanggan

Dalam hal beli membeli biasanya setiap konsumen termasuk pelanggan akan lebih senang jika diberikan penawaran khusus. Entah itu yang bentuknya pengumpulan point, promo, pemberian bonus atau layanan khusus yang hanya diberikan kepada mereka. Cara ini bisa menjadi salah satu trik kamu agar pelanggan tetap setia menggunakan produk mu. Dengan program loyalty yang kamu tawarkan tentu akan membuat mereka berpikir 2 kali jika tertarik dengan kompetitor. Sebab jika mereka berpaling, mereka akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang kamu tawarkan. Secara tidak langsung cara ini akan mempengaruhi pikiran pelanggan tentang perusahaan mu yang selalu memberikan keuntungan untuk mereka. Dengan begitu pelanggan tidak akan mudah berpaling justru akan jadi lebih setia. Jika perlu kamu bisa memberikan hadiah khusus kepada setiap pelanggan yang menggunakan produk atau layanan tertentu.
Kamu bisa mempersiapkan hadiah khusus seperti merchandise  bertuliskan logo dan nama brand perusahaan kamu. Agar ketika pelanggan menerima dan menggunakannya, mereka akan terus mengingat brand kamu. Lebih efektif bukan ? Tapi jangan salah pilih merchandise ya sobat, pilihlah merchandise berkualitas  dan bermanfaat agar mereka juga senang menerimanya. Bisa dengan memberikan tumbler vacuum, powerbank, set launch bag, giftset dan banyak lagi. Dan yang pasti kamu bisa dapatkan semua jenis merchandise ini dengan harga yang terjangkau dan bisa cetak logo di Zeropromosi. Selain merchandise tadi, masih ada banyak pilihan merchandise lainnya lho. Jadi kamu bisa sesuaikan deh sama bisnis kamu.

Berikan Kesan Yang Baik

Berikan Kesan Yang Baik merupakan salah satu cara jitu mempertahankan pelanggan

Setiap pelanggan akan setia menggunakan sebuah produk jika mereka merasa puas dan berkesan dengan apa yang mereka dapatkan. Oleh karena itu memberikan kesan yang baik dan totalitas kepada pelanggan itu sangat diperlukan. Sebab jika mereka merasa terkesan dan puas, sudah tentu mereka akan lebih mudah untuk mengingat bisnis mu. Untuk membuat pelanggan terkesan memang terbilang susah-susah gampang, terlebih tipe pelanggan itu banyak macamnya. Tapi setidaknya ada beberapa cara yang bisa kamu coba seperti membuat showroom lebih menarik dan nyaman dikunjungi, memberikan tampilan situs website yang mudah dipahami, cepat tanggap dengan pertanyaan ataupun masukan dari pelanggan hingga memudahkan mereka saat ingin mencari sesuatu.  Semua hal ini bisa kamu lakukan agar pelanggan juga memberikan nilai lebih kepada pelayanan yang kamu berikan. Selain itu mereka juga akan lebih senang karena mereka jadi lebih mudah mendapatkan apa yang mereka ingin dan butuhkan. Banyak lho pelanggan yang kesal karena situs website lambat atau tampilannya merumitkan sehingga mereka jadi malas untuk melihat apalagi bertransaksi. Jadi coba perhatikan setiap aspek dengan lebih detail ya. Salah-salah sedikit bisa berakibat fatal deh.

Berikan Kemudahan Dalam Melakukan Transaksi

Berikan Kemudahan Dalam Melakukan Transaksi merupakan salah satu cara jitu mempertahankan pelanggan

Dijaman sekarang semua sudah semakin canggih, sehingga perilaku konsumen juga akan berubah seiring berkembangnya jaman. Sobat zero pasti sadar kan kalau sekarang itu semua bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone dan teknologi lainnya yang menggunakan internet, tak terkecuali dengan kegiatan jual beli. Dengan adanya teknologi jaman sekarang, semua orang juga jadi ikut mengalami perubahan dimana mereka akan lebih memilih melakukan sesuatu yang mudah. Seperti misalnya yang tadinya harus datang ke toko menjadi hanya mengunjungi situs online yang dimiliki toko, dari yang tadinya menggunakan uang fisik atau cash menjadi uang digital lewat aplikasi. Agar kamu bisa mempertahankan pelanggan mu, tentu kamu harus up to date dan mengikuti trend jaman sekarang dengan memberikan kemudahan kepada para pelanggan ketika ingin melakukan transaksi. Bisa dengan memberikan alat pembayaran digital di showroom, membuat tempat loket yang lebih darri satu sehingga tidak membuat antrean panjang, menyediakan layanan konsultasi online, pembayaran online, memilih produk secara online, bahkan hingga pengiriman barang yang membuat pelanggan tidak perlu capek-capek menggambilnya sendiri. Semua ini mungkin udah bukan hal yang asing lagi dong, tapi ternyata masih banyak loh pebisnis yang belum menerapkannya. Jadi buat kamu yang belum menerapkan nya bisa mulai mencoba ya.

Lakukan Follow Up

Lakukan Follow Up merupakan salah satu cara jitu mempertahankan pelanggan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan melakukan follow up. Kamu harus memiliki catatan siapa saja yang telah melakukan transaksi, siapa saja yang datang ke showroom dan siapa saja yang hanya bertanya seputar produk. Data ini bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk mencari pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan lama. Caranya adalah dengan tetap terhubung kepada setiap konsumen dan pelanggan, baik itu yang pernah melakukan transaksi ataupun yang belum. Kamu bisa memberikan pertanyaan kepada mereka apa yang mereka butuhkan dan kamu akan mencoba memberikan solusinya. Selain itu kamu juga bisa tanyakan apakah produk dan layanan yang kamu berikan sudah sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan pertanyaan-pertanyaan ini kamu juga bisa lebih dekat dengan mereka dan kamu juga jadi punya data tambahan untuk mengembangkan bisnis kamu. Jangan panik saat ada pelanggan yang memberikan kritik ya, karena kamu bisa menjadikannya sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas.

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa tips dan cara yang bisa kamu coba untuk mempertahankan pelanggan dan loyalitas mereka juga semakin meningkat. Menyadari pentingnya pelanggan bisa menjadi semangat kamu untuk terus belajar agar bisa membuat pelanggan jadi lebih puas. Menurut kamu ada cara lain yang perlu ditambahin gak nih ? Kalau ada bisa langsung koment di kolom komentar yang ada ya.

Demikian artikel yang kami sampaikan, semoga bisa memberikan inspirasi untuk kamu mengembangkan bisnis ya. Jika bermanfaat, bisa share artikel ini juga ke teman dan rekan bisnis mu ya. Terimakasih sudah membaca dan selamat mencoba !😁

» Thanks for reading Ini Dia Cara Jitu Mempertahankan Pelanggan Yang Wajib Kamu Ketahui !

0 Response to "Ini Dia Cara Jitu Mempertahankan Pelanggan Yang Wajib Kamu Ketahui ! "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami